Sign Up and Get IDR 200,000 discount with minimum purchase IDR 1,500,000

BANGKITNYA NEW BALANCE 550!

Posted by Six6street 28/09/2022 0 Comment(s) News,Trends,Style,

NB 550

(Sumber: sneakershouts)

 

BANGKITNYA NEW BALANCE 550!

Setiap brand sepatu utama memiliki produk andalan yang terkenal. Nike memiliki Air Force 1, Adidas memiliki Stan Smith, Reebok memiliki Club C, dan akhirnya, (arguably) New Balance menemukannya dengan 550 saat ini. The New Balance 550 adalah lifestyle sneaker dari New Balance. Dirancang oleh arsitek sepatu legendaris yang punya julukan “The Godfather of dad shoes”, Steven Smith.

 

Sejarah Singkat New Balance 550

Arthur Hall, Traveling Salesman Alchetron

(Sumber: sneakernews)

Awalnya dirilis pada tahun 1989 dengan nama model “P550 Basketball Oxford”, sebagai alternatif low-top untuk 650, yang merupakan sepatu basket paling populer di New Balance pada saat itu. Siluet low-top dibuat dengan bagian atas kulit premium halus dan berlubang, lapisan interior mesh bersirkulasi udara, dan unit sol karet. Pair ini memecahkan beberapa masalah yang mengganggu seri 650 dan 480 (sneaker New Balance basket papan atas yang lain). Baik 650 dan 480 memiliki bagian atas kulit yang tinggi — usaha yang jelas untuk bersaing dengan Jordan 1. Namun kerah yang empuk, meskipun mendukung, tidak terlalu nyaman dipakai di lapangan basket. 

Iklan NB 550 tahun 1980-an

(Sumber: @teddysantis)

Konstruksi sederhana ini gagal mendapatkan keriuhan di akhir 80-an. Era 80-an sangat didominasi oleh sepatu basket yang jauh lebih maju secara teknologi, seperti Reebok Pump dan Nike Air. New Balance juga tidak memiliki kekuatan bintang yang sama dengan brand sepatu basket yang lebih populer seperti Nike atau Converse. Converse saat itu punya Magic Johnson & Larry Bird, Nike punya Michael Jordan. Akhirnya seri 550 memudar dari budaya populer tak lama begitu dirilis.

 

Kolaborasi dengan Aimé Leon Dore

Aimé Leon Dore memulai debutnya pada tahun 2014 dan langsung menjadi hit di kalangan penggemar streetwear yang menginginkan pakaian yang lebih “refined”. Founder Aimé Leon Dore, Teddy Santis memiliki mata yang jeli untuk memadukan sophistication dan gaya jalanan. Santis sering terinspirasi pada budaya hip-hop tahun 90-an, arsitektur kontemporer, dan fotografi berseni untuk kreasinya — formulanya telah membuahkan hasil. 

 Founder Aimé Leon Dore, Teddy Santis

(Sumber: gqmiddleeast)

Selama lebih dari 30 tahun, sepatu basket low-top New Balance 550 hanya tinggal di arsip. Secara kebetulan, Santis menemukan gambar 550 dan membawanya ke manajer senior brand New Balance untuk kolaborasi global, Joe Grondin. Setelah penelitian & pencarian ekstensif, kedua belah pihak menemukan model tersebut di katalog New Balance Jepang lama. Dengan informasi ini, Santis dan tim memburu sepasang 550 asli dari seorang kolektor dengan melalui hashtag di Instagram, Grondin & Santis membuatnya dari awal 550. Santis sangat serius dengan bentuk sepatunya, desain ini membutuhkan setidaknya delapan hingga sepuluh revisi. Grondin & Santis menyesuaikan hingga ukuran milimeter di sana-sini hanya untuk memperbaikinya. Hal ini diceritakan Grondin kepada Sneaker Freaker pada Desember 2020.

 

Kesuksesan New Balance 550 Aime Leon Dore

Team SONNY

(Sumber: solecollector)

Diluncurkan dengan slogan “International Friendship Through Basketball” dan dengan bantuan Tim SONNY, tim bola basket AAU usia 15 dipimpin oleh pelatih Kenny Satterfield. Pair retro ini sebagian besar menggunakan gaya warna two-tone yang mendominasi sepatu basket di tahun 80-an. Sebagai penggemar pakaian vintage, iklan, dan produk konsumen lainnya, Santis melengkapi empat sepatu 550 rilisan pertamanya dengan upper kulit berwarna putih pucat disertai dengan midsole yang sedikit menguning untuk tampilan "Aged".

Aimé Leon Dore dianggap sebagai salah satu merek streetwear paling menarik yang muncul di New York City dalam dekade terakhir. ALD membawa perhatian yang belum pernah terjadi sebelumnya pada siluet yang dulu diabaikan. Pergeseran dalam zeitgeist sneaker arus utama sebelum awal tahun 2020an – kebangkitan sepatu basket low-top dari tahun 80an – juga membawa penggemar sneakers dari berbagai tingkatan ke desain yang ramping dan serbaguna. Influencer di Instagram dan TikTok juga membantu mendorong NB 550 ke awareness yang lebih luas dengan gambar dan video pakaian mereka. Para Influencer ini juga menampilkan kehidupan di NYC di mana ruang “brick-and-mortar” ALD yang menyenangkan secara estetika berada. 

Justin Bieber terlihat menggunakan New Balance 550 Aime Leon Dore

(Sumber: gq-magazine.co.uk)

 

Source: sneakernews, nationworldnews, hypebeast & solecollector

Tags/penandaan: New Balance

Leave a Comment