Sign Up and Get IDR 200,000 discount with minimum purchase IDR 1,500,000

Kenapa Sneaker Mahal?

Posted by Six6street 18/12/2021 0 Comment(s) News,Trends,Tips,Style,

 

Kamu sering keheranan ngga sama harga beberapa sneaker yang mahal banget, yang bisa sampai ratusan juta rupiah. Harga yang mungkin nggak masuk akal itu pun masih memiliki konsumen yang siap membeli sneaker itu. Nah mungkin daftar di bawah ini bisa buat aku paham kenapa harga sneakers bisa mahal banget.

1.      Jumlah rilisan yang terbatas.

Beberapa tipe sneakers jumlah rilisannya sedikit, tapi demand-nya tinggi sekali, jadi harga nya melambung. Salah satu sneaker yang dirilis dalam jumlah sedikit adalah sneakers hasil kolaborasi antara Nike dan Eminem. Pair ini diproduksi hanya 23 pasang untuk publik. Sneakers ini sendiri menampilkan desain yang unik dengan warna dominasi biru, mirip seperti sampul album Eminem yang berjudul ‘Encore’. Di beberapa situs penjualan sneakers harga sepatu ini bisa sampai $43,770 atau Rp 621 juta.

Eminem memegang AJ 4 Eminem Encore dalam sebuah sesi wawancara. 

(Sumber: Sneaker Detroit

https://www.mouv.fr/sneakers-style/eminem-offre-une-paire-de-jordan-4-encore-une-sneaker-legendaire-320016)


 

2. Influence dari Selebriti

Postingan media sosial dari selebriti cukup mempengaruhi hype dan membuat sneaker yang di upload semakin dicari. Musisi, aktor, atlet dan orang yang dianggap bisa mempengaruhi minat publik akan menambah ramai penjualan sneaker tersebut. DJ Khaled salah satu musisi yang gemar mengunggah fotonya menggunakan sneaker terbaru

 

DJ Khaled mengenakan AJ 1 Low Fragment x Travis Scott.

(sumber: Instagram DJ Khaled)

 

3. Kualitas

Memakai kulit bermutu tinggi yang mahal membuat kulit tidak mudah retak seiring waktu. Kulit yang lebih tebal untuk memastikan sepatu mempertahankan bentuknya dan terlihat lebih baru seiring waktu. Produk yang berguna untuk merawat sneakers juga mulai beragam. Hal ini membuat penggemar sneakers tidak ragu lagi membeli sneakers karena semakin mudah merawatnya. Seperti Air Jordan x Dior ini, semua handcrafted dengan leather asal Italia. Sebuah pair dengan kualitas dan eksklusivitas maksimal. Harga pair ini sudah mencapai ratusan juta dan masih terus naik.

 

AJ 1 Retro High Dior.

(sumber: Instagram SIX6STREET)

 

4.      Kekuatan brand

Nike Air Jordan sudah puluhan tahun memproduksi sneaker. Memiliki banyak penggemar loyal dan sudah dipercaya. Selain Nike masih banyak lagi brand lain di dunia sneaker seperti Adidas, New Balance atau OFF-White. Beberapa brand bekerja sama dengan nama besar selebriti. Hal ini semakin mengangkat pamor dari brand tersebut. Nike dan Michael Jordan, Adidas dan Ye (Kanye West) atau Nike dan Travis Scott. Kolaborasi ini akan semakin membuat harga sneaker semakin mahal.

Ye (Kanye West) memegang Adidas Yeezy Foam.

(Sumber: Celine Grouard for Fast Company)

5. History & Story

Air Jordan memiliki banyak rilisan khusus berkaitan dengan momen Michael Jordan saat aktif bermain basket. Seperti AJ 1 Shattered Backboard yang dirilis untuk mengenang momen ketika MJ melakukan Dunk Kuat hingga membuat pecah ring basket tim lawan pada 1985. Ada banyak pair yang dirilis karena sebuah peristiwa tertentu dan hal ini membuat harga menjadi tinggi karena banyaknya fans NBA dan MJ.

Michael Jordan memecahkan papan ring basket.

(Sumber: www.artmuseums.com)

Tags/penandaan: NIKE SUPREME

Leave a Comment