Sign Up and Get IDR 200,000 discount with minimum purchase IDR 1,500,000

CERITA TENTANG AIR JORDAN 1 BRED YANG DILARANG NBA

Posted by Six6street 15/01/2022 0 Comment(s) News,Trends,Style,

(Sumber: Sole Collector)

AIR JORDAN 1 BLACK RED

 

CERITA TENTANG AIR JORDAN 1 BRED YANG DILARANG NBA

 

    Dirilis pada tahun 1985, Bred atau Black & Red adalah salah satu colorway yang dirilis dari siluet Air Jordan 1. Salah satu pair yang tidak hanya legendaris tetapi banyak diyakini sebagai sneaker terbaik yang pernah dirilis. Pair ini punya kesan pemberontakan dan perlawanan terhadap peraturan. Ditambah warna merah dan hitam yang sudah lama dikenal sebagai warna para pemberontak. 

 

Michael Jordan baru memulai karir di NBA dan hanya dia Rookie yang memiliki sepatu brand sendiri, Air Jordan. (Kisah lengkapnya bisa di baca di sini) Black & Red pair yang begitu spesial. Selain karena siluet & colorway yang ikonik, pair ini punya kisah tersendiri. Pada tahun 1985 NBA memiliki peraturan tentang seragam pemain. Michael Jordan bersama timnya Chicago Bulls memiliki Kostum berwarna merah & putih, sesuai dengan siluet Air Jordan 1 Chicago atau White/Black - Red. Air Jordan Bred yang memiliki dominasi warna hitam dan merah dianggap melanggar peraturan seragam pemain. NBA pun mengirimi Nike surat yang berisi teguran dan ancaman denda. Setiap Michael Jordan memakai sepatu itu, Jordan akan didenda $ 5.000 dollar. Nike tetap meminta Jordan untuk memakai pair ini dan membayar denda tersebut. Tak berhenti disitu, Nike melihat peluang dan menjadikan “pelarangan” ini iklan dan campaign tersendiri. 

 

APAKAH AIR JORDAN 1 BRED MEMANG DILARANG NBA?

    Belakangan banyak sneakerhead yang mulai mencari tahu kebenaran tentang AJ 1 Bred yang di-banned oleh NBA. Tidak ditemukan satu pun foto Michael Jordan 1 Bred pada pertandingan reguler  NBA. NBA pada suratnya tidak menyebutkan jenis sepatu yang dilarang, tetapi tentang warna sepatu. Para sneakerhead banyak meyakini bahwa yang dilarang adalah Nike Air Ship Black/Red. Pair ini dipakai Jordan pada pertandingan pramusim 18 Oktober 1984 melawan New York Knicks di Madison Square Garden. Nike Air Ship Black/Red sendiri memiliki warna yang mirip sekali dengan AJ 1 Bred. 

 

(Sumber: phdpublichumanities.com)

Nike Air Ship Black/Red dipakai oleh Michael Jordan

 

Michael Jordan hanya terlihat memakai AJ 1 Bred pada Dunk Contest 1985. Dunk Contest sendiri memiliki peraturan yang berbeda dari pertandingan NBA biasa. Foto Air Jordan melompat menggunakan AJ 1 Bred memperkuat mitos tentang pelarangan ini & mitos tentang teknologi Air Nike yang kabarnya dapat membuat lompatan lebih tinggi.

 

(Sumber: Getty/Andrew D. Bernstein)

Michael Jordan mengenakan Air Jordan 1 Bred/Banned di Dunk Contest 1985.


 

Michael Jordan hanya terlihat memakai AJ 1 Bred pada Dunk Contest 1985. Dunk Contest sendiri memiliki peraturan yang berbeda dari pertandingan NBA biasa. Foto Air Jordan melompat menggunakan AJ 1 Bred memperkuat mitos tentang pelarangan ini & mitos tentang teknologi Air Nike yang kabarnya dapat membuat lompatan lebih tinggi.

 

KESUKSESAN AIR JORDAN 1 PADA 1985

Penjualan Nike memang meningkat pesat pada tahun 1985. Figur Michael Jordan dan segala kontroversi tentang sepatu, mungkin berpengaruh pada tingginya penjualan Nike pada saat itu. Tetapi Air Jordan 1 sendiri memang sepatu yang memiliki pesona kuat. Air Jordan 1 langsung sukses pada rilisan pertama. Sebuah artikel Mei 1985 dari Chicago Tribune menyebutkan produk Nike terjual habis. Pesanan dan penjualan awal menghasilkan lebih dari $55 juta untuk Nike, dan merek tersebut mengantisipasi penjualan antara 3 dan 4 juta pasang di tahun pertama peluncuran sepatu. (Nike awalnya diproyeksikan menjual hanya 100.000 pasang pada tahun 1985.) Air Jordan pertama memiliki harga $65 pada saat dirilis tahun 1985. Hari ini sepatu yang sama bisa dihargai $34000 atau sekitar ½ milyar rupiah. Beberapa pair mungkin bisa jauh lebih mahal. Pair ini punya siluet yang sampai hari ini masih dicintai dan diburu oleh para sneakerheads. Berbagai colorway baru juga membuat pair ini semakin fresh di tiap rilisannya. 

Tags/penandaan: Nike Jordan

Leave a Comment